Minggu, 29 Maret 2020
ANALISIS PERMINTAAN “TRAVELOKA”
A.
Manfaat Traveloka
a.
Manfaat Ekonomi
Usaha traveloka
ini sangat menjanjikan, karena keuntungan yang didapat juga besar. Kami
menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan
tiket hanya dengan melalui aplikasi. Dengan usaha ini diharapkan dapat
memberikan keuntungan.
b.
Manfaat Sosial
1)
Bagi Pemilik
Usaha traveloka
ini cukup menjanjikan bagi kita, karena banyak masyarakat yang sudah
menggunakan aplikasi traveloka untuk memudahkan perjalanan mereka. Keuntungan
yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai
pengalaman dalam berbisnis dan dapat menjadi acuan untuk terus meningkatkan fiturnya
yang lebih mudah dipahami.
2)
Bagi Masyarakat
Dengan adanya
traveloka ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan traveler mereka.
3)
Produk
Produk yang kami
tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam fitur yang
dimiliki, seperti :
a)
Transportasi
b)
Tempat Menginap
c)
Aktivitas dan Hiburan
d)
Pembayaran, Voucher dan Isi Ulang
e)
Panduan Travel & Add-on
Dengan memiliki
berbagai macam fitur tersebut maka masyarakat dapat memilih fitur yang mereka
inginkan sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.
B.
Analisis
SWOT
1.
Faktor Internal
a)
Strengths (Kekuatan)
1) Berbasis aplikasi mobile, sehingga
Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh masyarakat dimana saja dan
kapan saja tanpa harus datang ke bandara.
2) Selain itu masyarakat/pengguna juga
dapat melihat informasi-informasi harga pesawat dan hotel dengan mudah setiap
saat dengan mudah.
3) Harga-harga yang ada di traveloka juga lebih murah dan menjangkau masyarakat,
selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keinginan penggunanya.
4) Karena bekerjasama dengan berbagai
jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga memudahkan masyarakat/pengguna
untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan keiniginan mereka.
5) Traveloka juga menyediakan berbagai
informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu penerbangan, tiket promo,
berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga masyarakat/pengguna dapat
memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi keuangannya dan merencanakan
keberangkatannya.
6) Hemat waktu untuk membeli berbagai
tiket dan booking karena tidak perlu jauh-jauh datang ke travel atau ke hotel
yang bersangkutan.
a)
Weakness (Kelemahan)
1) Masih banyak masyarakat terutama
kalangan yang umurnya sudah
40 keatas tidak mengerti menggunakan transaksi online, kadang mereka masih
kesulitan untuk memakai handphone apalagi bertransaksi di hp. Jadi mereka melakukan
dengan manual
2) Ada saja orang yang berfikiran takutnya
tertipu atau tidak terpercaya
3) Untuk pemesanan hotel masih banyak orang yang ingin melihat
langsung sebelum memesan, sehingga pesan manual
4)
Adanya aplikasi lain yang sama
kegunaannya
1.
Faktor
Eksternal
a)
Opportunity (Peluang/Keuntungan)
1) Karena keperluan masyarakat untuk
berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat setiap saat dengan berbagai
keperluan seperti pulang kampung, liburan, berbisnis. Menjadikan traveloka
sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan , karena mudah, cepat,
terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
2)
Informasi yang ditampilkan up to date,
sehingga orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan
tiket pesawat ataupun kamar hotel.
3) Menampilkan harga tiket pesawat dan
kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang termahal sehingga orang-orang
dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
4)
Menyediakan pilihan bahasa “Bahasa
Inggris” untuk dapat go internasional.
5)
Berkembangnya dunia teknologi di
Indonesia.
6)
Kemudahan dalam informasi promo,
membuat konsumen akan tertarik.
7) Dengan terjaminnya keamanan membuat
konsumen menjadi lebih merasa aman dalam melakukan transaksi.
b)
Threats (Ancaman)
1) Mulai muncul aplikasi-aplikasi yang
serupa seperti tiket.com, nusatrip, pegipagi, u tiket, tiket2, airpaz,
ezytravel, dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk memikirkan ide-ide
kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing dengan yang lain.
2)
Muncul pesaing yang menyediakan layanan
yang sama dengan promo-promo yang lebih menarik.
3) Karena tidak semua orang dapat
menggunakan teknologi/gugup teknologi dan aplikasi mobile
A.
Analisis
Permintaan
1.
Target
Pasar
Traveloka sudah
merangsek pasar global di tujuh negara. Yakni, Indonesia, Thailand, Vietnam,
Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.
2.
Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha ini, akan tetapi traveloka akan berkomitmen melakukan
perbaikan-perbaikan, mulai dari peningkatan standar situs resmi dan aplikasi,
hingga ekspansi branding.
3.
Sasaran
Pembeli
Sasaran pembeli mencakup
semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan
atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang
kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.
Harga yang kami berikan yaitu mulai dari harga untuk penumpang ekonomi dan
kelas.
B.
Strategi
Pemasaran
1.
Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi
mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai
penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya
operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka
juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian
tiket.
2.
Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat dan reservasi
hotel. Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa
traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system
dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan
memberikan keamanan trasaksi tiket, dan booking hotel serta kemudahan pemesanan
melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai,
dan hotel-hotel yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/. Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket
mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan
yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam
menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia.
Tiger Air, dll. Sedangkan untuk pemesanan kamar hotel traveloka telah
terhubung ke ribuan hotel yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia,
Thailand, Filiphina, Hongkong, danVietnam. Traveloka juga menyediakan fasilitas
untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo,
yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan
diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.
3.
Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah
melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang
digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya
sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk
beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang
sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang
nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak
orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
4.
Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel
dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen
adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini,
beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian
kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet.
Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer
(B2C), dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak
memerlukan saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka
bisa dengan mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri
e-commerce di Asia Tenggara.
C.
Analisis
Aspek Finansial
Adapun produk
yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari fitur apa yang
digunakan oleh masyarakat (Transportasi / Penginapan / Hiburan / Pembayaran,
Voucher dan isi ulang).
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)